Sabtu, 11 Februari 2012

Makalah - Linux Mandriva

Linux Mandriva

Linux adalah sebuah sistem operasi open source dan bebeas (free) di bawah lisensi GNU (GNU is Not Unix) GPL (General Public License) Arti open source adalah kode sumber (source code) diikutsertakan dalam program Linux sehingga dapat dilihat oleh siapa saja. Arti kata bebas atau free mengacu pada kebebasan bukan pada bebas biaya. Linux bebas untuk diduplikasikan, dimodifikasi, dan disebarluaskan baik untuk tujuan tak komersial maupun komersial, dan ini sah dibawah lisensi GNU GPL. Untuk mendapatkan linux tentu saja harus keluar biaya, namun biaya tersebut bukan untuk membayar lisensi penggunaan linux, melainkan untuk biaya duplikasi, pengiriman, service, atau kombinasi ketiganya.
 
Linux Mandriva (sebelumnya dikenal dengan nama Mandrake Linux) dibuat pada tahun 1998 dengan tujuan bagaimana membuat Linux lebih mudah untuk digunakan semua orang. Pada waktu itu, linux sudah dikenal sebagai sistem operasi yang kuat dan stabil. Dengan inovasi ini, Mandriva menawarkan stabilitas dan kekuatan linux kepada pengguna individu dan profesional dalam ruang lingkup ‘easy to use for user yang menarik. Hal ini didasari dengan ribuan para pengguna baru yang selalu melihat linux sebagai alternatif lain pengganti sistem operasi mereka sebelumnya.

Free/Open Source Free Software (FOSS) memberikan kebebasan untuk dapat mengembangkan dan mendistribusikan Linux Mandriva secara gratis. FOSS memberikan hak kepada semua orang untuk mengcopy, mendistribusikan, menguji, memodifikasi dan meningkatkan sistem Mandriva sepanjang hasil dari penelitian tersebut dikembalikan ke masyarakat. Model pengembangan seperti ini bertujuan agar dapat mengumpulkan gagasan yang terbaik dari pengembang dan para pemakai dari seluruh dunia untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari segi teknik dan solusi bagi Linux Mandriva di masa depan.

Untuk Makalah mengenai Linux Mandriva download di sini !
Untuk Cara menginstal Linux Mandriva download di sini !

Semoga Bermanfaat !!!

0 komentar:

Posting Komentar